Cara Mount File System di Debian 5

Maaf gan gak ada screenya nih cuma tulisannya aja ya, tapi ya semoga bisa untuk di pahami dan di mengerti . karena di linux debian dia tidak bisa langsung mount secara otomatis jadi jika anda perlu data di windows harus anda mount terlebih dahulu .

langkah yang pertama adalah anda harus install ntfs-3g dan libfuse2.

comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# apt-get install ntfs-3g libfuse2
comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# fdisk -l
(dan lihatlah mana file NTFS anda, kalau punya saya sih hda5)
comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# mkdir windows
(anda harus membuat folder terlebih dahulu untuk hasil mount)
comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# mount -t ntfs-3g /dev/hda5 /home/comen/windows

kelar deh, tapi ini hanya bersifat sementara, jadi jika di restart komputer anda, maka anda harus mount ulang tanpa harus install ntfs-3g, dan jika anda ingin yang permanen, anda bisa edit di fstab.

comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# nano /etc/fstab

tambahkan di baris paling bawah :

/dev/hda5       /home/comen               ntfs-3g       user,auto      0         0

jika di restart gagal , dan ada tulisan force -o

maka anda ketikan di terminal :
comen@MedyAdityaSaputra:/home/comen# mount -t ntfs-3g /dev/hda5 /home/comen/windows -o force

*jika ada yang salah mohon bantuanya , maklum masih newbie 🙂 *

Advertisements
Posted in Komputer dan Jaringan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: